01 March 2017

PT BINTRACO DHARMA TBK BERENCANA UNTUK MELANTAI DI BURSA SAHAM

 

PT BINTRACO DHARMA TBK BERENCANA UNTUK MELANTAI DI BURSA SAHAM

 

Jakarta, Maret 2017 – PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk atau disingkat PT Bintraco Dharma Tbk (“Bintraco”) berencana untuk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada kuartal I 2017. Bintraco selaku perusahaan induk yang memiliki kegiatan usaha otomotif melalui jaringan Nasmoco Group (diler resmi Toyota untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kecuali Kudus dan Jepara) dan pembiayaan kendaraan bermotor melalui PT Andalan Finance Indonesia ini membidik dana segar melalui penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). Rencananya, Bintraco siap mengeluarkan sebanyak 150.000.000 saham baru atau 10% dari total modal ditempatkan dan disetor Bintraco, dengan nominal Rp100 per saham melalui penawaran umum yang akan dilakukan pada akhir bulan Maret 2017 dengan PT Ciptadana Securities dan PT CIMB Securities Indonesia selaku penjamin pelaksana emisi efek.

“Hingga saat ini, Nasmoco sudah memiliki 22 jaringan diler di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan untuk PT Andalan Finance Indonesia sendiri kami memiliki 37 cabang di seluruh Indonesia,” tutur Sebastianus Harno Budi, selaku Direktur Utama Bintraco. Sebastianus menambahkan, “kami memiliki orientasi konsumen yang tinggi dengan penjualan yang telah mencapai lebih dari 80.000 unit kendaraan, perbaikan lebih dari 1.000.000 kendaraan, serta penyaluran fasilitas pembiayaan lebih dari 110.000 kendaraan selama 3 tahun terakhir”.

Pendapatan Bintraco per 30 September 2016 mencapai Rp4.981 miliar, dengan porsi 86,3% diperoleh dari kegiatan usaha otomotif dan 13,7% dari kegiatan usaha pembiayaan kendaraan bermotor. Sedangkan per 30 September 2015, pendapatan Bintraco sebesar Rp4.029 miliar, dengan porsi 85,1% berasal dari kegiatan usaha otomotif dan 14,9% dari kegiatan usaha pembiayaan kendaraan bermotor.

“Keunggulan kompetitif kami adalah keberhasilan dalam penerapan prinsip Kaizen, hubungan yang erat dengan Toyota, tim manajemen yang berpengalaman di bidangnya, kecepatan dalam memberikan persetujuan kredit dan basis konsumen yang kuat.” sambung Sebastianus. Adapun, Nasmoco Group telah menjadi partner Toyota selama lebih dari 40 tahun.

Untuk memaksimalkan perolehan dana dari IPO ini, Bintraco akan menawarkan sahamnya hingga ke luar negeri. Rencana penggunaan dana IPO adalah untuk belanja modal, ekspansi dan modal kerja.

Sekilas Tentang PT Bintraco Dharma Tbk

Bintraco didirikan di Semarang pada tanggal 1 Juni 1969 dengan nama PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma atau disingkat PT Bintraco Dharma, dan hingga saat ini telah tumbuh menjadi holding company bagi beberapa entitas anak seperti PT New Ratna Motor, sebagai dealer Toyota di Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta melalui jaringan Nasmoco Group, dan PT Andalan Finance Indonesia (perusahaan pembiayaan otomotif).

Grup otomotif Bintraco mempunyai visi untuk menjadi pelaku bisnis di bidang otomotif yang profesional, berkualitas, dan menjadi pemimpin pasar di era global. Didirikan pada tahun 1961 dengan nama NV Ratna Dewi Company, dan kemudian pada tahun 1973 berubah nama menjadi  PT New Ratna Motor, saat ini telah terdapat 22 jaringan diler dengan layanan penjualan unit kendaraan dan layanan purna jual.

Grup pembiayaan Bintraco mempunyai visi menjadi perusahaan pembiayaan otomotif terpercaya dan terkemuka di Indonesia yang berorientasi pada pelayanan dan pencapaian tingkat kepuasan konsumen tertinggi. PT Andalan Finance Indonesia didirikan pada tahun 1995 dengan nama PT Nasmoco Finansia, kemudian pada tahun 1997 berubah nama menjadi PT Andalan Multidana dan di tahun 2003 menjadi PT Andalan Finance Indonesia. Saat ini grup pembiayaan Bintraco telah memiliki 37 kantor cabang jasa pembiayaan yang tersebar di pulau Jawa dan beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Pontianak, Makassar, dan Denpasar.

  

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Irawan Wijayanto/Patrick Kapugu

Investor Relation

PT  Bintraco Dharma Tbk

Tel       : (62-21) 2235-6800

Fax       : (62-21) 2235-6801

Email  : investor.relation@bintracodharma.com